FAQ

Pengurusan KTP Batam baik baru maupun perpanjangan

Link di http://batamkota.go.id/warga.php?sub_module=8 --> warga - Pengurusan Surat
Kartu Tanda Penduduk (Baru)
Kantor : Kantor Camat setempat
Biaya : Rp 35.000
Info :

  1. Melampirkan Pengantar RT/RW
  2. Surat Pengantar dari Lurah
  3. Fotocopy Surat Nikah sebanyak 3(tiga) lembar
  4. Fotocopy Akta Kelahiran/Ijazah/Paspor sebnayak 3(tiga) lembar
  5. Pas Foto sebanyak 3(tiga) lembar
  6. Melampirkan surat indah dari Kelurahan/Desa yang diketahui Camat daerah asal dan Surat Keterangan pindah dari Dinas Kependudukan atau Instansi pelaksana administrasi kependudukan daerah asal

Kartu Tanda Penduduk (Perpanjangan)
Kantor : Kantor Camat setempat
Biaya : Rp 20.000
Info :

  1. Surat Pengantar RT/RW.
  2. Surat Pengantar Dari Lurah.
  3. Melampirkan KTP Asli Dan Fotocopy Sebanyak 3 (tiga) Lembar, Yang Habis Masa Berlakunya.
  4. Melampirkan Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Sebanyak 3 (tiga) Lembar.
  5. Melampirkan Fotocopy Surat Keterangan Nikah 3 (tiga) Lembar.
  6. Melampirkan Fotocopy Akta Kelahiran / Ijazah / Paspor sebanyak 3 (tiga) Lembar.
  7. Pasfoto Ukuran 2x3 Sebanyak 3 (tiga) Lembar.
    Warna Latar Merah jika tahun lahir Ganjil .
    Warna Latar Biru jika tahun lahir Genap.
  8. Melampirkan Surat Pindah Untuk Yang Berubah Alamat Dari Kelurahan Dan Di Ketahui Camat.

Alamat SKPD di lingkungan Pemko Batam, baik Dinas/Badan/ Kantor maupun kecamatan
Pelayanan Terpadu Pemko Batam

Link di sepadu.batamkota.go.id atau untuk persyaratan pengurusan IMB bisa dilihat di Sistem Pelayanan Terpadu online di sepadu.batamkota.go.id dan untuk pengurusan dilakukan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemko Batam di Gd.Sumatra Expo lt.2 Batam Centre. Terima kasih

Pengajuan Beasiswa ke Pemko Batam

Sebagaimana ketentuan dalam Perwako Batan No.4 tahun 2008 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Pendidikan D2,D3,D4,S1 dan S2 bagi masyarakat Kota Batam, bahwa 'Maksud pemberian bantuan subsidi pendidikan bagi masyarakat Kota Batam yang memiliki prestasi akademis dan berasal dari keluarga miskin untuk menyelesaikan pendidikan'. Silahkan ajukan Permohonan bantuan pendidikan yang ditujukan ke Walikota Batam melalui Sekretaris Daerah Kota Batam dgn melampirkan : Salinan sah KTP Batam yang masih berlaku , salinan sah KK, Salinan Kartu Hasil Studi (KHS), Surat Keterangan domisili dari Kelurahan yang diketahui RT/RW, pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar serta Surat Keterangan Miskin dari Camat setempat dilingkungan Pemerintah Kota Batam. Demikian untuk dimaklumi, terima kasih.

Adapun bantuan yang Saudara maksud adalah beasiswa, berikut persyaratan untuk pengajuan beasiswa tersebut : Ajukan Permohonan bantuan pendidikan yang ditujukan ke Walikota Batam melalui Sekretaris Daerah Kota Batam dgn melampirkan : Salinan sah KTP Batam yang masih berlaku , salinan sah KK, Salinan Kartu Hasil Studi (KHS), Surat Keterangan domisili dari Kelurahan yang diketahui RT/RW, pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar serta Surat Keterangan Miskin dari Camat setempat dilingkungan Pemerintah Kota Batam. Demikian untuk dimaklumi, terima kasih.

Pembuatan Akte Kelahiran

Persyaratan untuk pembuatan Akte Kelahiran ( 0 s/d 60 hari kelahiran) :

  1. Asli Surat Kelahiran dari RS/Puskesmas/Poliklinik/bidan/dokter/Penolong kelahiran atau dari Pilot pesawat terbang /nakhoda kapal.
  2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
  3. Fotocopy Surat Nikah/Kutipan Akta Perkawinan orang tua
  4. Fotocopy KTP dan KK orang tua.
  5. Fotocopy KTP 2orang saksi yang memenuhi syarat (min.umur 21 tahun atau sudah menikah).
  6. Surat Kuasa bermaterai cukup bagi yang dikuasakan. Bagi pelaporan setelah kelahiran 60 hari - 1 tahun terlabih dahulu mendapat persetujuan dari Kepala Instansi Pelaksana. Bagi pelaporan lebih dari 1 tahun harus melampirkan Penetapan Pengadilan Negeri. Link http://batamkota.go.id/warga.php?sub_module=8

Surat Keterangan Sementara

Berdasarkan Perwako Batam Nomor.19-1 tahun 2009 pasal 38 ayat 1, adapun persyaratan untuk mengajukan Surat Keterangan Pindah Sementara :

  1. Surat Pengantar dari RT/RW setempat;
  2. Photocopy KTP daerah asal atau Paspor atau SIM yang dimiliki atau surat jaminan dari perusahaan /penanggungjawab pemohon ;
  3. Pas foto 2x3 sebanyak 2 lembar ;
  4. Surat pengantar pembuatan SKTS daru petugas Pengendalian pelabuhan Instansi Pelaksana yang ada di Pelabuhan dan bandar udara kedatangan ;
  5. Menyampaikan bukti pembayran retribusi Permohonan Surat Keterangan Tinggal Sementara. Demikian untuk dimaklumi, terima kasih.

Perihal surat2 administrasi penduduk

Bisa dilihat di http://batamkota.go.id/warga.php?sub_module=8 ---> warga > pengurusan surat


[Kembali ke atas]