Batu Ampar


Kuda Laut Batu Ampar
Telp : 456267
Fax : 432391

Kecamatan Batu Ampar yang terletak di utara Pulau Batam merupakan salah satu Kecamatan dengan penduduk yang cukup padat dengan jumlah penduduk 1231 yang terdiri dari 4 Kelurahan yaitu Tanjung Sengkuang, Sungai Jodoh, Batu Merah dan Kampung Seraya dengan luas Kecamatan 39.998km2 yang kesemuanya berada di Pulau Batam. 
Dengan jumlah penduduk sebanyak 48.744 jiwa dengan WNI sebanyak 48.378 jiwa dan WNA sebanyak 366 jiwa yang tersebar di 4 Kelurahan (data 2007). Sedangkan untuk sekolah yang ada di Kecamatan Batu Ampar sebanyak 9 TK Swasta, 4 SD Negeri dan 3 SD Swasta, 2 SMP Negeri dan 3 SMP Swasta,3 SMA Swasta serta 2 Perguruan Tinggi. Pelayanan medis yang terdapat di Kecamatan Batu Ampar sebanyak 2 Rumah Sakit, 1 Puskemas, 1 Puskesmas Pembantu, 2 Puskesmas Keliling, 7 Balai Pengobatan, 4 Rumah bersalin dan 2 Polindes. 
Sarana ibadah pun cukup lengkap berada di Kecamatan Batu Ampar yaitu sebanyak 31 Masjid dan 14 Mushola, 9 Gereja Kristen dan 1 Gereja bagi umat Katholik serta 1 Vihara bagi umat Budha. Untuk potensi Kesejahteraan Sosial, di Kecamatan Batu Ampar terdapat 1 Organisasi Sosial dan 4 Karang Taruna. Kelengkapan sarana transportasi di Kecamatan Batu Ampar cukup lengkap dengan adanya Pelabuhan Internasional dan pelabuhan bongkar muat untuk ekspor-impor ke Batam. 
Kecamatan Batu Ampar merupakan daerah padat penduduk serta daerah perdagangan sehingga mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai pedagang ataupun pengusaha. Selain itu Kecamatan Batu Ampar juga sebagai daerah industri berat dan ringan yang terdapat di Kelurahan Tanjung Sengkuang, dengan 28 Perusahaan besar dan 25 perusahaan kecil namun masih ada segelintir yang menjadikan laut sebagai mata pencaharian dimana masih terdapat 52 rumah tangga yang bergerak di sektor perikanan laut dan 5 rumah tangga yang bergerak di budidaya laut yang mampu menghasilkan 316 ton dengan nilai produksi perikanan mencapai Rp 1,2 Triliun. 
Kecamatan Batu Ampar pun di penuhi dengan toko-toko yang menjual berbagai barang dalam dan luar negeri serta hotel-hotel berstandar internasional yang di kelilingi oleh pusat perbelanjaan yang ramai sehingga cocok untuk berusaha di bidang perdagangan.